Rabu, 09 Desember 2015

Cerita Singkat Pertemuan Kami



Bismillahirrohmaanirrohiim...
Assalamu'alaikum wr.wb.



Untuk menjawab pertanyaan beberapa sahabat tentang proses yang kami jalani menuju pernikahan, maka izinkanlah kami untuk sedikit bercerita tentang proses itu. Ya, proses yang kami jalani menuju pernikahan yang suci. Karena tidak sedikit yang bertanya kepada kami dengan pertanyaan semisal,

"Wah, gimana ceritanya nih..? udah nyebar undangan aja."
"Ceritain doong gimana prosesnya???"
"Antum jadi nikah? kok ga bilang-bilang ya?"
dan masih banyak aneka jenis pertanyaan lainnya. Hehe. Lucu ya terkadang.

Rasulullah Saw bersabda,
"Rahasiakanlah pinangan dan umumkanlah pernikahan." 
(H.R. Ibnu Hibban dan Thabrani)

Kutipan hadits di atas memberikan pelajaran kepada kami untuk terus bersabar dalam masa-masa "proses" itu hingga Allah benar-benar menakdirkan kami untuk melangkah menuju masa yang disebut dengan pernikahan dan mengumumkannya ke khalayak ramai.

Pernikahan; masa yang sangat dinanti bagi setiap anak adam yang selalu berusaha untuk menjaga diri dari hal-hal yang Allah tidak sukai. Begitu pula kami. Proses yang kami jalani begitu singkat, kurang dari satu bulan. Kami tidak saling mengenal sebelumnya, baik nama maupun wujudnya. Namun kami yakin bahwa Allah telah menuliskan takdir ini bahkan jauh sebelum kami dilahirkan di muka bumi yang fana ini. 

Awal Bertemu
Pada minggu terakhir di bulan November kemarin, tepatnya pada hari Ahad, 22 November 2015, merupakan kali pertama bagi kami bertemu. Dengan didampingi oleh pembimbing kami masing-masing, kami berkumpul di sebuah ruangan yang tidak begitu luas, dengan posisi yang tidak saling berhadapan dan tidak bisa saling melihat, karena memang pada kesempatan itu sang akhwat pun bersembunyi disamping pembimbingnya. Tak ada kata awalnya. Menunduk, bingung, takut, cemas, harap, bercampur menjadi satu perasaan yang sulit dijelaskan. Hanya kepada Allah kami berharap untuk menjadikan hati kami tenang. Hingga akhirnya pembimbing kami mencairkan suasana dengan sedikit pembukaan yang dihiasi dengan pertanyaan dan sedikit canda. Sebelumnya, sedikit kami sudah mempelajari data pribadi masing-masing yang diberikan oleh pembimbing kami beberapa pekan sebelumnya. Mengalirlah akhirnya. Kurang lebih satu jam kami "berkenalan", tapi rasa-rasanya lama ya...hehehe.

Silaturahim
Tidak lama sejak pertemuan pertama, pada sore hari pukul 16.00 di hari Sabtu, 28 November 2015, sang ikhwan bersilaturahim ke rumah akhwat ditemani oleh pembimbingnya dan bertemu dengan orangtua pihak akhwat. Obrolan mengalir sekitar kurang lebih satu jam dengan Ayah si akhwat itu. Sang ikhwan mengutarakan keseriusan dengan proses yang dijalani menuju langkah selanjutnya yaitu pernikahan.

Khitbah
Masih pada bulan November, yakni hari Senin, 30 November 2015. Merupakan akhir November yang mendebarkan. Diiringi hujan lebat mengguyur bumi. Sore hari pukul 16.00 lewat beberapa menit, rombongan keluarga ikhwan datang ke rumah akhwat; khitbah. Maa syaa Allah. Allah lancarkan dan mudahkan proses ini. Pertemuan dua keluarga yang begitu hangat dan manis, sehangat teh yang disediakan oleh tuan rumah dan semanis kue yang berjajaran di atas piring... :)

Pernikahan
Hari penantian akan segera datang. In syaa Allah, kami akan melakukan akad dan walimah di tanggal 3 Januari 2016, sebuah mitsaaqan ghalizha, perjanjian dengan Allah yang akan disaksikan serta didoakan oleh para malaikat, in syaa Allah. Semoga Allah berikan kemudahan, kelancaran serta limpahan keberkahan terhadap niat baik kami.


Ketika Allah berkehendak, maka Allah akan memudahkan segalanya. Meskipun kami belum saling mengenal satu sama lain, tapi kami yakin ada Allah yang akan membimbing kami dan mendekatkan kami dengan mawaddah dan rahmahNya. Karena yang kami cari adalah keberkahan dan keridhoan Allah Swt untuk mengarungi bahtera cinta yang sebentar lagi akan berlayar. Doakan kami dengan doa terbaik sahabat semua, "Baarokallahu laka wabaaroka 'alayka wajama'a baynakumaa fii khoir."



Alhamdulillaah 'alaa kulli haal.
Sekian. Semoga menginspirasi. 
www.mujangdantitin.blogspot.com


Wassalamu'alaikum wr.wb.

1 komentar:

  1. Barakallaahulakuma wabaraka 'alaikuma wajama'a bainakuma fii khoirr .... ^_^
    akh Mujang dan Ukh Titin :)

    BalasHapus